Modul

Instructional Design II (Assessment)

In this stage you are going to learn about Assessment. As you may know, these are why we have to learn about assessment:

  • Assessment is ongoing
  • Assessment is integral to all teaching and learning
  • Assessment occurs both formally and incidentally at various points in a learning

Question to ponder:

What does this video have to do with assessment? Please write your ponder in the comment below.

 

Comments

  1. Leonita Andriani

    Kegagalan yang digambarkan dalam film tersebut dapat dikatakan sebagai assessment. Melalui assessment, kita jadi memahami sampai seberapa mampu kita menghadapi tantangan. Dalam hal proses belajar, artinya kita akan mengetahui kemampuan belajar yang kita dapatkan sesuai dengan targetnya. Jika kita belum bisa mencapai target (atau merasa gagal dalam assessment), maka kita dapat mempelajari kembali kegagalan tersebut sehingga akan membuat kita memiliki pengalaman yang akan berguna untuk mencapai target. Kegagalan itu juga akan menjadi bahan evaluasi/pemikiran kita untuk bertindak, mempersiapkan, dan melakukan langkah selanjutnya dengan lebih matang.

  2. Istianah

    Dalam cuplikan film tersebut, menggambarkan bahwa setiap manusia pasti akan mengalami kegagalan. Kegagalan yang dialami oleh setiap individu bukan menandakan bahwa kita gagal dan tidak bisa, namun dari kegagalan itulah kita bisa belajar bahwa kita harus belajar dari kegagalan itu, mengapa kita jatuh misalnya? dan seterusnya. Bahwa kegagalan adalah salah satu ujian yang harus dilewati oleh setiap individu. Agar setiap individu bisa terus belajar dari kegagalan tersebut. Dan pastinya tidak menyalahkan yang lain.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.