Home Forums Forum Foundation Program 41 Module 1.4 – VISI CIKAL (poster)

1 reply, 2 voices Last updated by Eka Wulanjari 2 years, 2 months ago
Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #14600

    Joella Lumoindong
    Participant
    @Joella Lumoindong

    Module 1.4 - VISI CIKAL (poster) - kelompok Ades

    Quote:
    Music education opens doors that help children pass from school into the world around them – a world of work, culture, intellectual activity, and human involvement. The future of our nation depends on providing our children with a complete education that includes music.
    -Gerald Ford, 38th US President

    Pengalaman pribadi & visi Cikal:

    Saya sepakat dengan visi Sekolah Cikal, sebagaimana telah diekspresikan secara rangkum melalui quote di atas.

    Sesuai dengan pengalaman pribadi saya dalam mengajar dan juga menjadi pelajar, khususnya dalam bidang musik (saya membahas subject-specific agar sesuai dengan pengalaman pribadi saya, namun saya percaya hal ini berlaku across all disciplinary). Saya melihat bagaimana pendidikan musik tidak hanya tentang memberikan skill memainkan suatu instrumen, melainkan dalam prosesnya, terjadi pelatihan pola cara berpikir yang antara lain kritis, pantang menyerah (berkomitmen), disiplin, kolaboratif, dan yang terutama, pembentukan karakter pelajar yang mandiri dan dapat mengatur dirinya sendiri.

    Contoh konkritnya dapat terlihat dalam bagaimana pelajar musik dapat mengatur berapa jam ia akan berlatih setiap harinya (work), bagaimana pelajar akan membagi lagu yang akan dipelajari ke dalam beberapa bagian yang kemudian akan dipelajari dalam jangka waktu tertentu sebagai bagian dari strategi belajar, mengerti konsep analisis dari lagu tersebut (intellectual activity), mengerti latar belakang budaya lagu tersebut (culture), dan kemudian bagaimana bekerjasama dengan anggota masyarakat lainnya, baik sebagai sesama musisi yang bermain dalam sebuah orkestra, atau menggunakan musik sebagai sarana untuk mencapai tujuan-tujuan kemanusiaan lainnya, seperti misalnya konser amal untuk korban bencana alam (human involvement).

    Semua pengalaman belajar ini (pendidikan yang lengkap yang melibatkan berbagai disiplin, termasuk musik di dalamnya), kemudian akan memperlengkapi pelajar secara utuh dengan menuntun individu tersebut menjadi self-regulated learner – individu yang sukses, terus belajar, dan berkontribusi pada masyarakatnya di masa depan.

    #14906

    Eka Wulanjari
    Participant
    @Eka Wulanjari

    Quote dan penjelasan ya lengkap banget. Membuka mata saya akan dimensi-dimensi yang ada dalam pelajaran musik.
    Thank you for sharing

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • You must be logged in to reply to this topic.